Arus balik mudik lebaran 2017diperkirakan puncaknya terjadi akhir pekan ini.
Gelombang kendaraan menuju kota berpotensi menimbulkan berbagai masalah di jalan, salah satunya adalah kecelakaan lalu lintas.
Yang paling sering jadi korban adalah pengendara roda dua.
Pengendara roda dua diminta berhati-hati terutama saat berpapasan dengan kendaraan bermuatan besar seperti truk maupun bus.
Korban kecelakaan akibat tertabrak truk maupun bus biasanya nyawanya tak tertolong.
Mengapa demikian?
Mungkin cerita tentang prinsip sopir truk dan bus ini bisa jadi alasannya.
Seperti dikutip dari situs chatting Kaskus, diungkap cerita mengejutkan dari sopir-sopir mobil besar.
Seorang Kaskukers mengungkapkan cerita ini diperoleh dari sopirtruk sendiri.
Kebetulan waktu itu ane kehujanan ketika perjalanan keluar kota dan ikut berteduh di tempat parkir truk lintas provinsi. disana banyak sopir truk sedang beristirahat. ane nimbrung nongkrong disana. dan mengobrol dengan beberapa sopir truk. disana awalnya kami hanya mengobrol biasa, sampai ketika saya bertanya kepada sopir truk tentang kecelakaan yang sering terjadi.
Berikut ini adalah dialog tentang kecelakaan truk tersebut:
Ane (berikutnya disebut R) : pak kok sering banget ya korban kegilas truk gitu
Sopir 1 (berikutnya disebut S1) : enggak juga kok, kalaupun kegilas gitu biasanya pengendara motornya yang ugal - ugalan
R : wah serem ya pak, kalo kecelakaan gitu udah pasti meninggal ya pak?
S1 : iya meninggal, kalo di daerah ramai sih bisa aja masih hidup
(wah ane pikir, emang kenapa kalau sepi)
R : hoo gitu ya pak? jadi kalo sepi udah pasti meninggal ya pak?
Sopir 2 (berikutnya disebut S2) : iyalah pak, kalo engga meninggal kan kami juga yang kena batunya
(lah ini obrolan makin membingungkan, dan ane jadi semakin penasaran. karena itu ane terusin aja obrolannya)
R : kenapa repot pak? kan kalau meninggal justru lebih repot pak?
S1 : alhamdulillah saya sendiri belum pernah ada kecelakaan parah gitu, tapi kalo di kalangan sopir truk gini biasanya emang seperti itu mas.
S2 : ya mas bisa kira - kira juga, kalau sekarang kita yg pake truk gede - gede ini nabrak orang bakal kaya gimana? ya kalo meninggal kita masih bisa ganti rugi. paling 10 - 20 juta. tapi kalo cacat atau koma mas? itu bisa ratusan juta kan ganti ruginya. karena itu kalau daerahnya sepi dan korban belum meninggal, ya mau enggak mau kita - kita ini mundurin lagi truknya. tapi kan kalau daerahnya rame gak mungkin juga mundurin lagi mas, hahahaha
(ane syok bukan main ketika tau fakta ini, seketika itu juga ane lemas dan langsung menutup obrolan)
R : iya juga ya pak, hahaha (ane ketawa aja biar gak keliatan aneh) oh hujannya udah selesai (padahal udah daritadi). saya jalan dulu ya pak, terima kasih obrolannya.
Hal ini dibenarkan akun phanji136 yang mengaku pernah bekerja di angkutan khususnya alat berat.
Memang kalo di angkutan ky gtu khususnya truk truk besar prinsip mreka sprti itu gan... mendingan ngelindes smpe meninggal biar gampang ngurusinnya... dluu adaa salah satu supir kecelakaan di jln kerawang timur gan.... ada motor nyelipnya tekor kena lobang si korbannya mental ke kolong sasis dan langsung lah kelindes... si supir nelpon ke ane langsung jabarin kronologi kejadiannya... lalu gak pake lama ane lapor ke atasan ane gan mengenai kejadian ini.. bos ane blang mati gak orngnya..??? ane blang iyh pak ada korban meninggal kelindes yg 2 lagi cuma cacat biasa...
bos ane langsung ngomong gan.. hadoh kenapaa gak hajar semuanya.. ane bingung dsitu gan knp bos blang gtu. kalo ky gini pasti banyak biaya yg keluar itu omongan kt bos ane gan... lalu pas ke keluarga korban ane ikut kan ke sanah di kasih santunan 20jt untk yg meninggal n di sekolahin smpai lulus anaknya si korban... setahun berjalan bos ane udh gak mau nglanjutin nyekolahin n malahan di bayar 10jt gan.. intinya si yg ane pahamin mendingan korban meninggal dri pd cacat krna kalo mninggal mungkit kasih 20jt pun slsai gann... smpe akhirnya ane keluar dri perusahaan itu gann krna gak sanggup kalo ngurusin laka seperti itu.
Selain soal ganti rugi, diceritakan pula prinsip sopir yang membawa penumpang banyak seperti bus saat terjadi kecelakaan.
“Ane pernah ngobrol dengan sopir trailer. Kata sopir trailer: “daripada menyebabkan kecelakaan yg bisa menimbulkan banyak korban, lebih baik satu nyawa melayang”.
Sopir trailer sebenarnya bisa ngerem mendadak jika ada bikers yangg jatuh di depan kendaraanya. Akan tetapi, yang kemudian menjadi masalah adalah bagian belakang kendaraanya atau isi muatan akan berhamburan entah ke kanan atau ke kiri. Bisa dibayangkan jika di kanan atau kiri banyak biker, pasti akan terserempet atau tergilas. Itu sebabnya sopir lebih memilih melindas bikers atau pemotor yg jatuh di depan atau disampingnya,” ungkap seorang Kaskukers lainnya.